EduBase : Journal of Basic Education
Vol 3 No 2 (2022): EduBase : Journal of Basic Education

Pengembangan Modul Bahasa Inggris Program Studi Fisioterapi

Muhammad Reza Pahlevi (Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam)
Kartina Rahmadhani Rambe (STKIP Pangeran Antasari)
Purnama Rika Perdana (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

The objective of this study is to produce an English module for physiotherapy study program consisting of four basic English skills including listening, speaking, reading and writing. This study belongs to quantitative descriptive with R and D method through applying ADDIE model with 3 media and material experts as validators and 30 students as the subjects while the object is the quality of the developed module as learning media. The data include interview result with the lecturer teaching English as primary data and the secondary ones are content, language, context and presentation validation analysis result, students learning test result and questionnaire filled by the students after using module. Index of Aiken’s V is used as technique for data analysis. The findings show that the average of Aiken’s V index based on content, language, context and presentation validation result is 0.78 which means valid, so the module could be used as learning media. The average score of students learning test with four basic competencies is 75.89, so it is concluded that the module could improve four English basic competencies significantly. Based on students’ questionnaire responses, the module could be recommended as learning media. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul bahasa Inggris khusus untuk program studi fisioterapi yang meliputi empat kompetensi dasar yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode R and D melalui pengaplikasian model ADDIE dengan subjek penelitian yaitu 3 orang ahli media dan materi sebagai validator dan 30 mahasiswa, sedangkan objek penelitian yaitu kualitas dari modul yang dikembangkan sebagai media pembelajaran. Data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu hasil wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah dan data sekunder yaitu hasil analisis validasi isi, bahasa, kontekstual, dan penyajian modul oleh validator, tes hasil belajar mahasiswa dan angket penilaian mahasiswa setelah menggunakan modul. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu dengan indeks Aiken’s V. Hasil validasi modul baik kelayakan isi, bahasa, konstekstual dan penyajian diperoleh rata-rata indeks Aiken’s V yaitu 0,78 dengan kriteria valid sehingga modul bahasa Inggris fisioterapi layak dijadikan media pembelajaran. Rata-rata nilai tes hasil belajar mahasiswa dengan empat kompetensi dasar bahasa Inggris yaitu 75,89, sehingga disimpulkan bahwa modul dapat meningkatkan kompetensi dasar bahasa Inggris dengan cukup signifikan. Berdasarkan hasil respon angket mahasiswa terhadap modul bahwa modul dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edubase

Publisher

Subject

Education

Description

EduBase merupakan salah satu portal jurnal yang menyajikan hasil penelitian ilmiah lapangan maupun non lapangan di lingkup pendidikan dasar yang dilakukan oleh praktisi pendidikan seperti guru, dosen, professor maupun mahasiswa. Hasil penelitian ilmiah yang dibahas terkait dengan kajian strategi, ...