Journal Social Science And Technology For Community Service
Vol 4, No 1 (2023): Volume 4, Nomor 1, March 2023

Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung

Almira Devita Putri (Universitas Teknokrat Indonesia)
Berlintina Permatasari (Universitas Teknokrat Indonesia)
Emi Suwarni (Universitas Teknokrat Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2023

Abstract

UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang memiliki kemandirian dan berpotensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi (bkpm.go.id). Adanya kemajuan teknologi membuat para pelaku usaha kini bisa memulai bisnisnya dan mengembangkannya melalui bantuan teknologi. Oleh karena itu, sangat tepat untuk memberikan pelatihan mengenai strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang dimiliki UMKM. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan memfokuskan pada strategi desain kemasan secara mendalam yang meliputi pentingnya desain kemasan, unsur-unsur penting dalam kemasan, dan cara membuat kemasan yang menarik di era saat ini. Dengan demikian diharapkan, UMKM yang ada di Kelurahan Labuhan Dalam memiliki strategi desain kemasan yang menarik serta mampu meningkatkan aktivitas perekonomian di Kelurahan Labuhan Dalam

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSSTCS

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Community Services, People, Local Food Security; Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; ...