Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan disekolah belum tersedianya bahan ajar berbasis kearifan lokal. Untuk meningkatkan wawasan dan pengalaman siswa yang sesuai dengan daerah tempat tinggal siswa, maka dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai berbasis kearifan lokal daerah siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan bahan ajar (Buku Ajar) berbasis kearifan lokal tema keunikan daerah tempat tinggalku pada pembelajaran 2 untuk siswa kelas IV di SDN 03 Inpres Tawali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model 4-D. yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Inpres Tawali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan pre-test dan post-test. Data Angket validasi ahli materi, ahli media dan respon siswa aka di analisis untuk mengukur tingkat kelayakan bahan ajar berbasis kearifan lokal dengan menggunakan rumus kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian dari validator ahli materi diperoleh mencapai 96% dikategorikan sangat baik, penilaian dari ahli media di peroleh mencapai 80% dikategorikan sangat baik. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok kecil yaitu siswa kelas IV memperoleh nilai presentase 93%. Artinya hasil keseluruhan penilaian menunjukan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal dinyatakan sangat layak atau valid untuk digunakan.
Copyrights © 2023