Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Matildis Dua Sareng (Universitas Nusa Nipa)
Desi Maria El Puang (Universitas Nusa Nipa)
Maria Herliyani Dua Bunga (Universitas Nusa Nipa)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih minimnya kemampuan membaca dari siswa kelas III SDK Nita 1. Solusi yang diberikan adalah dengan menggunakan media big book dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan membaca siswa kelas III SDK Nita 1. Penelitian menggunakan rancangan penelitian one group pretest posttest design, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes, menggunakan instrumen lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis menggunakan analisis normalitas dengan uji chi kuadrat, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis (uji-t) diketahui harga thitung sebesar 6.826 serta ttabel dengan dk = 27 dan taraf signifikan = 0,05 adalah 1,703., dimana diperoleh thitung > ttabel (6,826 > 1,703) sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu  terdapat pengaruh penggunaan media big book terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas III SDK Nita 1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...