Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan

Maria Ulpah (Universitas Bina Bangsa)
Ani Agustini (Universitas Bina Bangsa)
Luda Sofiah (Universitas Bina Bangsa)
Basrowi Basrowi (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepemimpinan visioner dan kinerja guru terhadap mutu pendidikan dengan dilihat dari kepala sekolah, guru, staf kependidikan, kurikulum, sarana prasarana, sumber belajar. Metode yang digunakan adalah literatur dengan mengkaji dari beberapa bahan literatur yang masih terbaru mulai dari jurnal, buku, proseding, dan berbagai sumber baik online maupun offline. Untuk dapat meningkatkan kualitas dari hasil kajian dilakukan juga focus group discussion untuk mendapatkan berbagai masukan, koreksi, dan berbagai saran. Novelty penelitian ini yaitu mampu menunjukkan secara teoritik bahwa, mutu pendidikan dapat berpengaruh secara langsung dari kepemimpinan kepala sekolah yang visioner karena dalam hal ini kepala sekolah mampu memberikan arahan bagi para guru agar berkerja dengan kinerja yang baik sehingga adanya pengaruh yang signifikan yang terjadi pada sekolah tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...