Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Implementasi Program Fun Learning dengan Metode Gerakan Tiga Bahasa dalam Pembelajaran Al-qur’an di Betong Junior Khalifah School Thailand

Nur Nilam Sary P (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Hasrian Rudi Setiawan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2023

Abstract

Tujuan pembelajaran Al-Qur’an sendiri agar anak-anak mampu membaca, menulis, serta mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan anak-anak dalam mengingat, memahami, dan mampu mengulang kembali apa yang mereka katakan, sehingga dengan seiring waktu mereka dapat menghafalnya dengan metode gerakan tiga bahasa sesuai dengan bahasa Al-Qur’an yaitu bahasa arab, bahasa yang mereka gunakan sehari-hari yaitu bahasa Thailand, serta untuk menambah kosakata mereka dalam bahasa melayu. Penelitian ini juga di latarbelakangi oleh pembelajaran ataupun aktivitas pembelajaran yang pasif, karena hanya melibatkan apa yang disampaikan oleh guru dalam pembelajarannya. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas 2, 3 dan 4 serta beberapa guru di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat antusias murid dalam menggunakan metode ini, serta ditemukannya hal lain bahwa dalam pembelajaran pendampingan guru serta pemilihan metode dan media pembelajaran menjadi hal yang sangat penting.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...