Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pem belajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Atha Haryo Ramadhani (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)
Yohana Setiawan (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang akan dilakukan pada penelitian kali ini adalah penelitian meta analisis. Peneliti terlebih dahulu merumuskanmasalah penelitian, kemudian dilanjutkan dengan penyajian datapenelitian yang sudah ada untuk dianalisis ulang dengan menggunakan 40 artikel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis effect size. Hasil penelitianmenunjukkan model pembelajaran Problem Based Learningdan model pembelajaran Problem Solving dapat memberikan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa jenjang sekolah dasardengan kategori effect sizesedang, masing-masing diperoleh 0.222.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...