Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan akademik terhadap tingkat kepuasan mahasiswa pascasarjana universitas darma agung. Pelayanan akademik merupakan qulitas menejemen sumber daya manusianya seperti ka.prodi, pegawai dan dosen. Pelayanan yang baik akan menghasilkan kepuasan yang baik. Pelayanan yang baik menunjukan bahwa tenaga pendidik dan kependidikannya memiliki mutu pendidikan yang baik juga. Namun kenyataannya, di Universitas Darma Agung masih memiliki beberapa permasalahan yang menimbulkan ketidakpuasan bagi manusia. Mengingat akhir-akhir ini kualitas pelayanan akademik perguruan tinggi Universitas Darma Agung sering memperoleh kritikan karena dianggap memiliki kinerja rendah. Misalnya, pelayanan pegawai akademik kurang ramah, fasilitas belajar dan ruang kuliah kurang memuaskan, dan kualitas dosen yang masih perlu dilatih. Jenis penelitian ini pendekatan kuantitatif dan berfous pada program pascasarjana magister manajemen, dengan sampel diangkat langsung seluruh populasi sebanyak 87 orang. Analisis penelitian menggunakan perhitungan persentase dalam slameto (2010) dengan memberi angket kepuasan mahasiswa. Hasil yang diperoleh pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa pascasarjana magister menejemen memiiliki tingkat kepuasan yang baik pada dimensi berwujud, kehandalan dan respon atau tanggapan. Sedangkan pada dimensi jaminan dan empaty pelayanan akademik memiliki kriteria sedang atau perlu ditingkatkan.
Copyrights © 2022