Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 4, No 1 (2023): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA (In Press)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL DENGAN MODEL ADDIE BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS IX SMP JAMBI MEDAN

Abdul Razak (Magister Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Zulfi Amri (Magister Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Tua Halomoan (Magister Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Bahan ajar matematika berbasis Flip PDF Professional merupakan bahan ajar alternatif yang diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Pengembangan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis e-modul menggunakan Flip PDF Professional agar tepat guna dan efektif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development di SMP Jambi Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis e-modul menggunakan Flip PDF Professional yang dikembangkan adalah valid, praktis dan efektif digunakan untuk siswa kelas IX. Penelitian ini menggunakan tahapan pengembangan model ADDIE yaitu peneliti merancang suatu bahan ajar matematika menggunakan Flip PDF Professional pada materi bangun ruang sisi lengkung. Kelayakan media di lihat oleh 3 aspek yaitu aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Pada validasi siklus 1 hasil yang didapatkan adalah 75%, pada validasi siklus 2 didapatkan hasil 85% dan pada siklus 3 didapatkan hasil 90% dengan kategori “ Sangat Valid”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...