JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika)
Vol 9, No 1 (2023)

ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V PPWNI KLANG MALAYSIA

Lailatul Magfiroh (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Uki Suhendar (Universitas Muhammadiyah Ponorogo)
Riko Sudirman (Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia (PPWNI) Klang Malaysia)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mendiskripsikan akan faktor kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika serta menganalisis faktor kesulitan belajar ditinjau dari hasil belajar matematika kelas V PPWNI Klang Malaysia. Jenis penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket, observasi, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan pada saat pembelajaran di kelas V PPWNI Klang Malaysia. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan ketekunan pengamat. Hasil data yang diperoleh untuk kesulitan belajar faktor internal yakni 55,93% dan faktor eksternal 59,2%. 36% siswa dari data analisis hasil belajar siswa mengalami kesulitn belajar pada ranah kognitif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp2m

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JP2M is stands for Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. JP2M is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Mathematics Education Department of STKIP PGRI Tulungagung. JP2M disseminates new research results in all areas of mathematics, mathematics ...