Jurnal Pendidikan
Vol 32, No 1 (2023)

Kajian Filsafat Pendidikan Perenialisme : Studi Pemikiran Robert Maynard Hutchins dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Taufik Nurrochman (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Endang Fauziati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Robert Maynard Hutchins tentang pendidikan karakter di sekolah dasar dalam perspektif perenialisme. Penelitian ini dapat membantu pendidik mengajarkan pendidikan karakter menggunakan filsafat perenialisme sebagai hal penting dalam perkembangan karakter anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Filsafat perenialisme memiliki pemikiran tentang bagaimana manusia harus beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan dunia. Pendidikan karakter melalui pendekatan filsafat perenialisme menekankan bagaimana manusia berperilaku sesuai dengan nilai-nilai baik yang ada pada dirinya, pendidikan karakter sangat tepat jika dimulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar dimana pendidikan sekolah dasar merupakan landasan bagi pendidikan selanjutnya. Perenialisme dalam pendidikan karakter lahir sebagai reaksi dan solusi terhadap krisis kebudayaan dalam kehidupan modern. Filsafat perenialisme mengedepankan jalan mundur ke masa lampau, yakni mengembalikan nilai dan prinsip yang telah menjadi pandangan hidup yang kukuh pada zaman dahulu. Pengembalian nilai dan prinsip hidup tersebut dapat ditempuh melalui pendidikan karakter. Dalam rangka menyiapkan generasi mendatang yang tidak kehilangan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Substansi filsafat Perenialisme adalah salah satu alternatif yang harus diterapkan dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...