JPDPM
Vol 3, No 2 (2022): November 2022

MENGGALI PERSEPSI GURU TERHADAP LITERASI SAINS DAN ASESMEN KEBIJAKAN MINIMUM (AKM)

Irma Rahma Suwarma (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ida Kaniawati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ari Widodo (Universitas Pendidikan Indonesia)
Galuh Yuliani (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Pada tahun 2020, kementrian pendidikan Indonesia mengeluarkan kebijakan baru berkaitan dengan sistem penilaian pembelajaran pada jenjang sekolah tingkat dasar dan menengah. Penilaian pembelajaran tersebut dikenal dengan istilah Asesmen Nasional. Salah satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen nasional adalah literasi membaca serta literasi matematika (numerasi). Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) telah dilaksanakan oleh program studi Pendidikan IPA Pascasarjana UPI sebagai salah satu upaya untuk memberikan arahan kepada para pendidik di sekolah menengah dalam menghadapi kebijakan AKM tersebut. Tujuan akhir pada kegiatan ini adalah untuk memberikan arahan kepada guru cara mengembangkan pembelajaran yang dapat melatihkan literasi sains dan numerasi sehingga peserta didik siap dalam menghadapi kebijakan AKM. Sampel guru yang terlibat dalam kegiatan PKM adalah sebanyak 75 orang guru yang berasal dari 6 kabupaten di Jawa Barat. Kami telah mengembangkan angket untuk menggali persepsi guru mengenai literasi sains dan AKM dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah survey yang dilaksanakan sebelum dan setelah kegiatan PKM. Hasil perhitungan secara statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara persepsi pre dan post, namun demikian secara kualitatif terdapat perubahan persepsi pada beberapa komponen pernyataan pada angket.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPDPM

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pasca Dharma Pengabdian pada Masyarakat (JPDPM) is a journal that focuses on facilitating the results of community service from various educational disciplines and various other scientific fields that focus on educational ...