Paradigma: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol 9 No 1 (2023): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

STRATEGI MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK PGRI 1 JOMBANG

BASHIROTUL HIDAYAH (Institut Agama Islam Bani Fattah Tambakberas Jombang)
UMBARTIN (Institut Agama Islam Bani Fattah Tambakberas Jombang)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Manajemen pengembangan kurikulum ialah salah satu proses penting dalam manajemen pendidikan. Yang mana dengan adanya pendidikan yang berkualitas maka outcome yang dihasilkan akan berkualitas yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan masa. Manajemen pengembangan kurikulum ialah proses pengembangan kurikulum dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang berupa planning, organizing, actuating, dan controlling. Fokus penelitian ini ialah 1) bagaimana manajemen pengembangan kurikulum di SMK PGRI 1 Jombang, 2) Apa saja factor pendukung dan penghambat mutu pendidikan di SMK PGRI 1 Jombang? Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun hasil penelitian ialah SMK PGRI 1 Jombang dalam melakukan manajemen pengembangan kurikulum diimplementasikan dalam sejumlah tahap, yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, serta tidak lanjut. Adapun strategi yang dipakai untuk mengembangkan kurikulum ialah pengembangan kurikulum berbasis kompetensi DU/DI dan pembiasaan kegiatan spiritual sehari-hari. Langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum meliputi melakukan analisis kebutuhan, memereinci kompetensi yang dibutuhkan, menentukan materi yang sesuai dengan kompetensi kebutuhan, dan verifikasi oleh K3. Adapun model pengembangan kurikulum yang dipakai ialah The Adminstrative Model dan The Grass Roots Model. Faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan ialah SDM yang bermutu, sarana dan prasarana yang memadai, adanya dukungan dari berbagai pihak. Adapun faktor penghambatnya ialah kurang dalam mengikuti BIMTEK, latar belakang peserta didik yang berbeda, kurangnya kepedulian orang tua terhadap pendidikan anaknya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PARADIGMA mengedepankan telaah terpadu disiplin pendidikan, keguruan, dan ilmu-ilmu kemanusiaan secara luas. Publikasi tulisan dalam PARADIGMA ini dijalankan oleh para dosen dari tiga disiplin di STKIP Hatta-Sjahrir Banda Naira, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan ...