Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 1 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Tematik Secara Tatap Muka di SD Negeri 1 Kutoarjo Tahun Ajaran 2021/2022

Dita Pratiwi (Sebelas Maret University)
Tri Saptuti Susiani (Sebelas Maret University)
Ngatman Ngatman (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Pembelajaran tematik secara tatap muka yang mulai dilaksanakan kembali di semester genap tahun ajaran 2021/2022 memengaruhi motivasi belajar siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, tujuan yang ingin di capai melalui penelitian ini adalah untuk menganalisis motivasi belajar siswa kelas IV pada pebelajaran tematik secara tatap muka dan menganalisis kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik secara tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mencapai hasil 88% atau berkategori baik dan siswa lebih termotivasi selama pembelajaran tematik secara tatap muka. Walaupun sudah mencapai hasil dengan kategori baik, masih ditemukan kendala dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu motivasi belajar siswa yang tidak menentu dan penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...