Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 1 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengaruh Minat Membaca terhadap Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022

Dwi Puji Lestari (Unknown)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Unknown)
Tri Saptuti Susiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat membaca berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 345 siswa dengan jumlah sampel 222 siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan sumbangan efektif dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif minat membaca terhadap keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN se-Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel adalah 6,706 > 1,970. Artinya semakin tinggi minat membaca siswa, maka semakin tinggi pula keterampilan berbicara siswa dan begitu juga sebaliknya. Minat membaca memberikan sumbangan terhadap keterampilan berbicara sebesar 17,0% dan sisanya 83,0% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...