Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL)
Vol 3 No 3 (2023): Vol 3 Issue 3 (2023)

Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Padang

Fhira Werci Venidariya (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Lusi Susanti (Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan penulis bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru di SMK Negeri 8 Padang. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 396 orang dan sampel 80 orang menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen berupa angket dengan model Skala Likert. Hasil pengolahan skor rata-rata persepsi siswa tentang: menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu yaitu 3,37, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu yaitu 2,83, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif yaitu 2,63, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif yaitu 2,85 dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi mengembangkan diri yaitu 3,43. Secara keseluruhan menurut persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berada pada kategori cukup mampu dengan skor rata-rata 3,02.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

Ruang Lingkup pembahasan Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) yaitu perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan, manajemen sekolah, administrasi sekolah, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, ...