Genderang Asa: Journal of Primary Education
Vol. 2 No. 2 (2021): Genderang Asa: Journal of Primary Education

Internalisasi Nilai - Nilai Akhlak Melalui Pentas Drama di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar

Aulia Rahmat (IAIN Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Abstrak Internalisasi nilai-nilai akhlak bagi siswa sekolah dasar merupakan langkah yang sangat penting dalam melahirkan siswa yang memiliki akhlak yang baik. Internalisasi dalam bidang ini masih mengalami banyak kendala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pentas dramadi MIS Al-Istiqamah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya diperoleh dari observasi dan wawancara. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru drama. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pentas drama dilaksanakan secara terstruktur dengan tujuan membentuk akhlak terpuji pada siswa. Internalisasi nilai melibatkan tahapan yang disusun melalui penulisan naskah yang disesuaikan dengan masalah akhlak yang sedang terjadi di sekolah, pemilihan pemeran drama dari kalangan siswa bermasalah, latihan berulang-ulang yang bertujuan untuk pembiasaan akhlak yang baik, penampilan drama dengan penuh penghayatan, menyampaikan pesan-pesan tentang akhlak kepada penonton, melaksanakan tindak lanjut dengan menyampaikan tentang akhlak di kelas-kelas, dan evaluasi terhadap keberhasilan internalisasi nila-nilai akhlak pada siswa pasca pentas drama. Menindak lanjuti temuan ini, proses internalisasi nilai akhlak harus terus dioptimalkan agar terbentuk generasi yang berakhlak mulia sesuai dengan cita-cita agama dan negara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

genderangasa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Genderang Asa: Journal of Primary Education | ISSN 2774-8235 (print) and 2775-8788 (electronic) is a journal published in the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the State Islamic Institute of Lhokseumawe. This journal is ...