OrchidAgro
Vol 3, No 1 (2023)

Pengaruh Komposisi Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.)

Sambas Nugraha (Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian-Universitas Winaya Mukti, Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.29 Tanjungsari 45362, Kab. Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.)
Ai Komariah (Dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian-Universitas Winaya Mukti, Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.29 Tanjungsari 45362, Kab. Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.)
Roni Assafaat Hadi (Dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian-Universitas Winaya Mukti, Jl. Raya Bandung-Sumedang Km.29 Tanjungsari 45362, Kab. Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Percobaan ini bertujuan untuk mempelajari komposisi media tanaman paling baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy. Percobaan ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2020, di Lahan Percobaan Universitas Winaya Mukti, Sumedang. Rancangan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Rancangan Acak Kelompok sederhana, terdiri dari Komposisi Media Tanam tanah berbanding pupuk kandang ayam berbanding pupuk kandang domba dengan 5 taraf perlakuan yang diulang sebanyak 5 kali sehingga terdapat 25 unit perlakuan, yaitu A = (Kontrol), B = 1:1:1, C = 2:1:1, D = 3:1:1, dan E = 4:1:1. Perlakuan komposisi media tanam D = 3:1:1 memberikan pengaruh paling baik terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, bobot basah dan bobot kering. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

orchidagro

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

OrchidAgro merupakan jurnal yang memuat artikel dari hasil kajian penelitian yang meliputi bidang ilmu pertanian dimana mencakup bidang agroteknologi yang telah melewati proses review dan dipastikan proses review bersifat double blind review. Diterbitkan oleh Fakultas Pertaniaan Universitas Winaya ...