Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Vol. 9 No. 1 (2023): Bahasa Jepang dan Pengajaran

KESULITAN MAHASISWA ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM PEMBELAJARAN CHOUKAI CHUJOKYU ZENHAN

RISA ELIANSAH (UNNES)
Yanuar Lutfi Rohman (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

Kesulitan belajar adalah hambatan yang terjadi pada pemelajar saat melaksanakan proses pembelajaran yang harus dicapai. Khususnya dalam mempelajari bahasa jepang yaitu mempelajari mata kuliah Choukai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor kesulitan yang dihadapi mahasiswa angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang dalam pembelajaran Choukai Chujokyu Zenhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen di dalam penelitian ini adalah angket. Angket yang digunakan untuk penelitian adalah Google Form. Data yang diperoleh dari uji reliabilitas dioleh menggunakan aplikasi SPSS untuk mengetahui kelayakan angket. Responden dalam penelitian ini adalah 42 orang dari mahasiswa angkatan 2019 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Hasil dari penelitian ini adalah 52, 4% mahasiswa mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata yang kurang merupakan salah satu faktor kesulitan dalam belajar Choukai Chujokyu Zenhan.

Copyrights © 2023