Memahami huruf bahasa Jepang diperlukan suatu media pembelajaran yang tepat guna memudahkan sistem belajar mengajar. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah powtoon. Powtoon merupakan suatu website yang membantu pengguna menciptakan presentasi atau video animasi dengan mudah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media powtoon terhadap kemampuan membaca mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang pada mahasiswa angkatan 2021 di Universitas Negeri Semarang. Serta untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa setelah menggunakan media powtoon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Quasi Exprimental Design.Hasil analisis diperoleh rata-rata nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 96,97 dan 81,19. Berdasarkan hasil analisis angket terhadap penggunaan media powtoon berkisar pada rentang 52,7% - 88,2 sehingga dikatakan penggunaan media powtoon efektif dan efisien.
Copyrights © 2023