Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Vol. 9 No. 1 (2023): Bahasa Jepang dan Pengajaran

KEMAMPUAN PEMELAJAR BAHASA JEPANG SMAN 3 MALANG KELAS XI MIPA DALAM MELAFALKAN BUNYI VOKAL PANJANG (CHOUON)

Ayu Yulia Mulianti (Mahasiswa)
Febi Ariani Saragih (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh adanya kesalahan berbahasa Jepang siswa dalam pelafalan vokal panjang yang terdapat pada kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pelafalan kosakata yang mengandung chouon pada siswa kelas XII MIPA SMAN 3 Malang tahun angkatan 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Populasi dalam penilian ini berjumlah 62 orang yang diambil dari tugas membuat video wawancara kd 3.1 dengan tema hima na toki pada pada dua kelas XII MIPA, yaitu: XII MIPA A, B, D, E (25 orang), XII MIPA H, I, J (37 orang). Namun sampel penilian ini hanya mengambil beberapa tugas yang telah di kerjakan oleh siswa dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analis data, yang telah diuraikan diketahui enam hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan melafalkan kosakata yang mengandung chouon siswa kelas XII MIPA SMAN 3 Malang secara keseluruhan dengan nilai rata-rata diberikan oleh validator adalah 2 dengan kualifikasi sangat kurang. Kedua, diketahui kemampuan mendengar goi yang mengandung chouon ee dan uu dengan nilai rata-rata diberikan oleh validator adalah 2. Dengan beigini dapat disimpulkan bahawa kemampuan melafalkan bunyi vokal panjang pada siswa masih terhitung sangat kurang. Terbukti dari total 14 siswa kegita validator sebanyak 85% memberikan penilaian 2. Seperti yang di sebutkan sebelumnya penilaian 2 berati pelafalan kurang jelas, sulit dipahami.

Copyrights © 2023