Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membuat e-learning banyak digunakan dalam dunia pendidikan, baik itu pendidikan dasar maupun perguruan tinggi. Penggunaan e-learning di perguruan tinggi membuat pembelajaran menjadi lebih fleksibel dikarenakan tidak terbatas ruang dan waktu. keberhasilan e-learning juga sangat bergantung pada pengalaman dan persepsi pengguna terhadap sistem tersebut. Pengalaman pengguna merupakan fenomena luas yang menggambarkan bagaimana LMS dirasakan dan digunakan dalam proses e-learning. Pengalaman pengguna ini juga merupakan hal yang penting untuk memengaruhi proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi pengalaman pengguna pada aplikasi e-learning di salah satu perguruan tinggi swasta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan skala pengalaman pengguna. Responden penelitian sebanyak 154 mahasiswa, laki-laki dan perempuan, terdiri dari berbagai jurusan dan berada pada tingkat 2-4. Hasil yang didapatkan pengalaman pengguna pada aplikasi e-learning berada dalam kategori sedang yang berarti secara keseluruhan pengalaman pengguna dalam platform lms cenderung terlihat menarik, mudah dikenali, efisien, aman digunakan, menyenangkan dan inovatif.
Copyrights © 2022