Jurnal Ilmiah Informatika Komputer
Vol 27, No 3 (2022)

EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI

Amaran Sidhiq (Universitas Gunadarma)
Quroyzhin Kartika Rini (Universitas Gunadarma)
Ursa Majorsy (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membuat e-learning banyak digunakan dalam dunia pendidikan, baik itu pendidikan dasar maupun perguruan tinggi. Penggunaan e-learning di perguruan tinggi membuat pembelajaran menjadi lebih fleksibel dikarenakan tidak terbatas ruang dan waktu. keberhasilan e-learning juga sangat bergantung pada pengalaman dan persepsi pengguna terhadap sistem tersebut. Pengalaman pengguna merupakan fenomena luas yang menggambarkan bagaimana LMS dirasakan dan digunakan dalam proses e-learning. Pengalaman pengguna ini juga merupakan hal yang penting untuk memengaruhi proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi pengalaman pengguna pada aplikasi e-learning di salah satu perguruan tinggi swasta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan skala pengalaman pengguna. Responden penelitian sebanyak 154 mahasiswa, laki-laki dan perempuan, terdiri dari berbagai jurusan dan berada pada tingkat 2-4. Hasil yang didapatkan pengalaman pengguna pada aplikasi e-learning berada dalam kategori sedang yang berarti secara keseluruhan pengalaman pengguna dalam platform lms cenderung terlihat menarik, mudah dikenali, efisien, aman digunakan, menyenangkan dan inovatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

infokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal is published periodically three times a year, April, August, and December. It publishes a broad range of research articles on Information Technology and Communication, whether in Indonesian Language or ...