ABSTRAKPengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) memerlukan suatu strategi yang dilakukan dalam pemasaran produk usaha untuk meningkatkan daya saing serta dapat mengembangkan usaha salah satunya melalui cara branding. Tujuan dilakukan branding adalah untuk memberikan merek pada umkm agar produk dapat dikenal lebih luas. UMKM Andin Collection merupakan salah satu UMKM yang berada di Kelurahan Kauman yang memproduksi kerajinan kain ecoprint. Dalam pengabdian ini Tim Kelompok 24 KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan pengembangan usaha Andin Collection. Upaya pengembangan UMKM Andin Collection memerlukan suatu strategi dalam pemasaran produknya untuk meningkatkan daya saing serta mengembangkan kualitas usahanya sebafai produk unggulan Kota Blitar khususnya Kelurahan Kauman. UMKM Andin Collection memiliki permasalahan dalam branding produk, permasalahan yang dihadapi adalah label yang kurang menarik dan strategi pemasaran hanya melalui mulut ke mulut serta melakukan produksi saat menerima pesanan atau made by order. Tujuan dari upaya pengembangan melalui branding ini adalah untuk memperbaiki manajemen usaha melalui peningkatan strategi pemasaran serta perluasan pemasaran melalui konten digital. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data melalui wawancara dan observasi secara langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah terciptanya label baru yang lebih menarik serta pembuatan website penjualan untuk pemasaran produk. Kata kunci: pendampingan; UMKN ecoprint; branding ABSTRACTThe development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) requires a strategy that is carried out in marketing business products to increase competitiveness and be able to develop businesses, one of which is through branding. The purpose of branding is to give a brand to SMEs so that the product can be known more widely. MSME Andin Collection is one of the MSME in Kauman Village which produces ecoprint fabric crafts. In this service the East Java MBKM Thematic KKN Group Team of 24 UPN "Veteran" is developing the Andin Collection business. Efforts to develop MSME Andin Collection require a strategy in marketing its products to increase competitiveness and develop the quality of its business as a superior product for Blitar City, especially for Kauman Village. MSME Andin Collection has problems in product branding, the problems faced are unattractive labels and marketing strategies only by word of mouth and carrying out production when receiving orders or made by orders. The aim of this development effort through branding is to improve business management through improving marketing strategies and expanding marketing through digital content. The method used is data collection through interviews and direct observation. The result of this community service activity is the creation of a new, more attractive label and the creation of a sales website for product marketing. Keywords: accompaniment; ecoprint MSME; branding
Copyrights © 2023