Amalgamasi: Journal of Mathematics and Applications
Vol. 1 No. 1 (2022): Amalgamasi: Journal of Mathematics and Applications

Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Tipe Snowball Throwing

Sharon F Wattimena (Universitas Pattimura)
Wilmintjie Mataheru (Universitas Pattimura)
Anderson L Palinussa (Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa SMP Negeri 4 Tanimbar Selatan kelas VIII yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Tipe penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tipe penelitian eksperimen (Quasi Experimental Design). Desain penelitian yang digunakan adalah posstest only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanimbar Selatan dengan jumlah 47 siswa, dan semua jumlah populasi tersebut dijadikan sebagai sampel, diambil menggunakan teknik sampling jenuh.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa SMP Negeri 4 Tanimbar Selatan kelas VIII yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Hal ini ditunjukk an pada hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 22.0 yang diperoleh menunjukan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, sehingga menyebabkan H0 ditolak, dan H1 diterima

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

amalgamasi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Amalgamasi : Journal of Mathematics and Applications is one of the scientific publication media, which publish articles from research papers, literature studies, analysis, and problem solving in Pure and Applied Mathematics, such as: - Analysis Mathematics, - Algebra - Number Theory, - Fuzzy (Theory ...