Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli ikan patin di Pasar Kodim Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru dan mengetahui variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli ikan patin di Pasar Kodim Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Penentuan daerah penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) , yaitu di Pasar Kodim Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Sampel yang diambil berjumlah 100 orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor dengan prengkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solution) 22 Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli ikan patin di Pasar Kodim Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Ketiga faktor tersebut adalah faktor harga menjelaskan data sebesar 25,11% varians ke-10 variabel, Faktor tempat menjelaskan data sebesar 14,123% varians ke-10 variabel dan Faktor produk menjelaskan data sebesar 12,687% varians ke-10 variabel. Sementara ini variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli ikan patin di Pasar Kodim Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru pada masing-masing faktor adalah variabel harga ikan patin pada faktor harga, variabel jarak pasar pada faktor tempat dan variabel kandungan gizi pada faktor produk.
Copyrights © 2021