Jurnal Tahsinia
Vol 1 No 2 (2020): JURNAL TAHSINIA

MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN JENIS-JENIS TANAH

Rahman Tanjung (STIT Rakeyan Santang)
Supandi Supandi (STIT Rakeyan Santang)
Arif Abdillah (STIT Rakeyan Santang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Ilmu Pengetahun Alam (IPA) merupakan ilmu yang mempelajari tentang sebab dan akibat kejadian-kejadian yang ada di alam. Pembelajaran Ilmu pengetahuan alam diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat di identifikasi. Penelitian ini dilatar belakangi pengamatan pada proses pembelajaran di kelas V SD Islam Al Mumtaaz yang terlihat bahwa keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih sangat kurang. Atas dasar tersebut peneliti mencoba dan mengajarkan mengenai mata pelajaran IPA khususnya materi jenis-jenis tanah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Sehingga dalam penelitian ini memperoleh rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum penerapan model cooperative leraning tipe STAD pada pembelajaran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz?, 2) Bagaimanakah aktivitas siswa dengan penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz?, 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penerapan model cooperative leraning tipe STAD pada pembelajaran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz?. Tujuan Penelitian yang peneleti capai melalui penelitian ini ingin mengetahui: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaan IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz, 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan penerapan mdel cooperative leraning tipe STAD pada pembeajaran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz, 3) Untuk mengetahui hasil beajar siswa setelah penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah dikelas V SD Islam Al Mumtaaz. Pemilihan meodel ini didasarkan oleh keinginan penulis untuk mengadakan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA sub pokok bahasan jenis-jenis tanah. Penilitian ini dilaksanakan di SD Islam Al Mumtaaz tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian sejumlah 23 peserta didik. Bentuk tes yang digunakan yaitu tes tertulis pre test dan post test yang berbentuk uraian dengan jumlah 5 soal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ths

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia ...