Jurnal Tahsinia
Vol 2 No 2 (2021): Oktober

PENGARUH MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI MUFRODAT BAHASA ARAB

Nafsiah Hafidzoh Rahman (STAI Sabili Bandung)
Annisa Mayasari (STAI Sabili Bandung)
Opan Arifudin (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Indah Wahyu Ningsih (STAI Al Hidayah Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai dari aktifitas yang menghasilkan perubahan pada diri individu, baik actual maupun potensial. Untuk mencapai tujuan kompetensi maka diperlukan upaya yang lebih lagi dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode dan media yang sesuai dengan kompetensi tersebut. Saat ini siswa kelas II terkadang merasa kesulitan dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Dalam meningkatkan Daya Ingat Siswa kelas II SD Ar Rahman Darul Ilmi Pada Pembelajaran Bahasa Arab materi “Mufrodat”. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif dengan cara melakukan penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatkan disetiap siklusnya, dari mulai pra-sikus yang hanya 40%, kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 65% dan siklus II sebanyak 85% yang artinya media penggunaan flashcard ini berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan daya ingat siswa pada materi mufrodat bahasa arab.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ths

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia ...