Prominentia Medical Journal
Vol 3 No 1 (2022): Prominentia Medical Journal

Faktor-Faktor Yang Berkaitan Dengan Kepuasan Masyarakat Pada Layanan Puskesmas X Surabaya: Studi Tahun 2019




Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor kepuasan masyarakat akan pelayanan kesehatan dengan melakukan analisis pada puskesmas X pada tahun 2019. Faktor kepuasan masyarakat ini dilihat dari lima dimensi service quality yang terdiri dari tangibility, assurance, reliability, emphaty, dan responsiveness. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian cross sectional dengan sampel sebanyak 80 orang, diambil secara non-random sampling. Analisis data dengan deskriptif dan analisa bivariat dengan korelasi spearman. Hasil penelitian ini menyatakan hasil kurang puas pada dimensi tangibility, yang dilihat dari faktor karyawan, peralatan, dan fasilitas fisik. Pada dimensi responsiveness didapatkan hasil yang sangat memuaskan, diikuti dengan 3 dimensi lainnya yang memilihi hasil kepuasan yang cukup baik. Dimensi reliability memiliki hubungan yang sangat kuat dan hasil yang bermakna. Dari hasil kepuasan yang didapat, pada tahun 2019 mengalami penurunan dengan hasil kepuasan 55%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PMJ

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Focus and Scope PMJ (Prominentia Medical Journal) is a scientific journal focused on Medicine and Health. PMJ publishes Research Articles, Literature Reviews, and Case Reports that focus on Preventive Medicine and the Prevention of Lifestyle Diseases. Publication Frequency PMJ (Prominentia Medical ...