Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 1 No 1 (2021): JIPPM - Juni 2021

Pendampingan Pemasaran UMKM Hidayat Grup di Masa Pandemi Melalui Media Online

Esti Setiawati (Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Indonesia)
Mawi Khusnul Albar (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Pandemic COVID-19 telah melanda banyak Negara, salah satunya Indonesia. COVID-19 banyak berdampak bagi kehidupan masyarakat Indonesia termasuk di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah yakni menurunnya jumlah penjualan karena adanya peraturan dari pemerintah seperti PSBB dan PPKM yang selalu diperpanjang. Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan untuk memberikan pendampingan pemasaran melalui media online kepada salah satu UMKM yang berada di Dusun Padasuka Desa Wonoharjo yaitu UMKM Hidayat Grup. Media yang digunakan yaitu berbagai aplikasi online shop sebagai sarana promosi pemasaran dengan menyantumkan nama barang dan informasi tentang produk yang akan dijual. Dengan menggunakan marketplace tersebut diharapkan penjualan produk UMKM yang bergerak di bidang pemasaran hasil bumi ini dapat semakin meningkat meskipun di masa pandemic. Hasil kegiatan menunjukan bahwa mempromosikan produk diberbagai market place seperti Shopee, Toko Pedia, Buka Lapak dan Lazada dapat meningkatkan omzet penjualan bahkan produk yang dijual sampai ke Negara tetangga seperti Thailand dan Filipina. Penjualan setiap bulannya lebih dari 1000 produk mencapai kurang lebih sebanyak 50% yang terjual dari produk yang dipromosikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jippm

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JIPPM) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan ...