Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media sosial dan dampaknya untuk meningkatkan kinerja UMKM di Palembang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan sumber data primer dari penyebaran kuesioner. Responden penelitian adalah pemilik UMKM di Kota Palembang sejumlah 42 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil analisis deskriptif menunjukkan lebih dari 50 persen UMKM telah memanfaatkan media sosial untuk mendukung aktivitas pemasarannya. Selama Pandemi penggunaan media sosial sangat membantu UMKM untuk bertahan dari krisis. Dari sampel penelitian lebih dari 50 persen UMKM juga telah melakukan inovasi pemasaran melalui dengan media sosial selama Pandemi. Dalam implementasinya UMKM masih menghadapi permasalahan terkait dengan masih kurangnya kapasitas pelaku usaha dalam mengadopsi teknologi kapabilitas digital. Kata Kunci : Media sosial, UMKM, Kinerja usaha
Copyrights © 2023