Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 11, No 3 (2022)

Kapabilitas Proses Pembelajaran Daring di Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Amirul Habbib Siswanda (Departemen Statistika Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Lucia Aridinanti (Departemen Statistika Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Fakultas Vokasi adalah salah satu fakultas di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yang metode pembelajarannya minimal 60% praktik. Kehadiran pandemi covid-19 menyebabkan proses pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan). Permasalahan yang muncul adalah apakah proses pembelajaran daring yang dilaksanakan kapabel? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapabilitas proses pembelajaran daring di Fakultas Vokasi. Hasil uji t data berpasangan diperoleh bahwa rata-rata IPS di Program Studi Teknologi Rekayasa Instrumentasi mengalami penurunan signifikan ke pembelajaran daring, di PTRPPBS dan PTRKI menurun namun tidak signifikan, serta di PTRM, PTRKE, PTRO, dan DSB meningkat namun tidak signifikan. Hasil analisis kapabilitas pada pembelajaran Luring (Luar jaringan) menunjukkan 42,85% dari 7 program studi di Fakultas Vokasi ITS kapabel, sedangkan pada masa pembelajaran Daring 57,14% dari 7 program studi kapabel. Proses pembelajaran tersebut kapabel karena dengan Peta Kendali ¯X-R terkendali secara statistik dan indeks kapabilitas proses Cp > 1, indeks Cpk > 1. Walaupun terjadi peningkatan jumlah prodi yang kapabel, tetapi terdapat beberapa kendala yang dialami mahasiswa, diantaranya adalah materi perkuliahan sulit dipahami, dan kegiatan praktik susah dijalankan karena keterbatasan alat, dan jaringan internet kurang memadai.

Copyrights © 2022