Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 11, No 3 (2022)

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Willingness to Subscribe Terhadap Platform Streaming Anime Legal iQiyi di Indonesia

Fairyawan Prihambodo Listiansyah (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Lissa Rosdiana Noer (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Gogor Arif Handiwibowo (Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Media streaming umumnya mengacu pada platform yang menampilkan konten video yang yang dapat diakses secara online. Anime atau animasi Jepang adalah bentuk seni populer yang didefinisikan oleh komunitas atau budaya inklusif yang mendorong interaksi sosial dan identifikasi karakter pada dunia nyata dan tidak hanya sekedar tentang “bercerita”. Pada era teknologi yang semakin maju ini dan adanya pandemi Covid-19 layanan streaming online menjadi salah satu hiburan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Pada masa pandemi ini juga layanan streaming legal untuk anime mulai dikenal oleh para penggemar anime. Hal ini menjadi perkembangan yang baik karena selama ini masih banyak para penonton anime yang menonton anime secara ilegal melalui website-website ilegal. Pada masa pandemi saat ini, layanan streaming berbasis langganan menjadi booming, salah satu platform streaming langganan yang sedang booming adalah iQiyi. Hingga saat ini belum adanya penelitian yang meneliti tentang willingness to subscribe terhadap platform streaming anime iQiyi di Indonesia mendorong adanya penelitian ini. Data yang didapatkan secara online pada penelitian ini berjumlah 304 responden yang pernah atau sedang berlangganan platform streaming iQiyi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan Partial Least Square-Structure Equation Modelling (PLS-SEM) untuk analisis data. Seluruh hipotesis penelitian ini diterima dan yang memiliki pengaruh positif diantaranya adalah interactivity dan content richness terhadap perceived usefulness, kemudian perceived usefulness, perceived ease of use, perceived price, dan social influence terhadap willingness to subscribe. Sementara, yang memiliki pengaruh negatif adalah free alternatives terhadap willingess to subscribe.

Copyrights © 2022