Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2023)

Early Childhood Mathematics Learning Profile

Sugiatno Sugiatno (Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura)
Mohammad Rif'at (Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura)
Annisa Amalia (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura)
Rinda Kusmayanti (Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura)
Lely Shinta Herawati (Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura)
Dian Kurnianto (Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2023

Abstract

Riset ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya profil pembelajaran matematika bagi anak usia dini. Riset ini bertujuan untuk menganalisis tentang profil kinerja guru berkaitan dengan pembelajaran matematika anak usia dini di kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan metode riset fenomenologi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan survei kuesioner. Hasil survei dieksplorasi dengan diskusi kelompok terfokus dan wawancara mendalam untuk menggali segala kemungkinan yang dilakukan guru. Responden yang digunakan berjumlah 29 orang terhadap anak usia dini dan difokuskan pada profil pembelajaran matematika anak usia dini, pembelajaran seriasi dan penjumlahan untuk anak usia dini, dan pembelajaran konsep besar-kecil, banyak-sedikit, panjang-pendek, dan tinggi-rendah. Hasil riset ini dapat mengidentifikasi kecenderungan pembelajaran berpusat pada sudut pandang behaviorisme dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Profil pembelajaran matematika anak usia dini sangat dibutuhkan agar pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini bisa dicapai lebih maksimal

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...