PT Indoritel Makmur Internasional Tbk atau lebih dikenal dengan Indomaret merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang retail dimana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen. Konsumen cenderung memperhatikan harga pada label dan tata letak produk. Pada label harga tertera harga promo dan periode promo. Hal ini menimbulkan kekecewaan bagi konsumen yang tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu perusahaan harus mencermati pola pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Untuk mengetahui produk yang dibeli secara bersamaan, digunakan aturan asosiasi (data association rule) yaitu teknik Data Mining untuk menemukan aturan asosiasi dari suatu kombinasi item. Proses pencarian asosiasi menggunakan metode algoritma apriori yang dapat menghasilkan pengetahuan yang terdapat pada data transaksi nasabah, mengenai pola pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Berdasarkan perhitungan algoritma apriori yang memenuhi nilai minimum confidence dan diuji dengan software Tanagra, toko Indomaret rule tertinggi muncul pada produk Instant Oil dan Noodle dengan nilai Support 43.3% dan confidence 92.8%, hal ini sama dengan perhitungan manual algoritma apriori. Kemudian dapat diatur tata letak produk yang berdekatan untuk memudahkan keberadaan produk dan mempermudah dalam menentukan persediaan promo produk yang diinginkan oleh konsumen dan dapat digunakan sebagai pendukung keputusan manager dalam mengatur aktivitas perusahaan.
Copyrights © 2023