WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 7, No 1 (2022): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) Februari 2022

Media Pembelajaran Fotonovela Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Getaran Harmonis

Rina Anggraini (Unknown)
Pina Pitriana (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Ade Yeti Nuryantini (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Pemahaman konsep adalah suatu proses memahami atau memaknai arti tertentu dan kemampuan untuk menggunakan pada kondisi tertentu. Media Pembelajaran fotonovela berbasis flipbook merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fotonovela berbasis flipbook dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi getaran harmonis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development (DD) dengan model 4D yaitu define, design, development dan dissemination. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase lembar validasi kelayakan media, N-gain, dan uji paired sample t-test. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 MAN 1 Kuningan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fotonovela berbasis flipbook sangat layak digunakan karena dapat meningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi getaran harmonis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...