Pemahaman konsep adalah suatu proses memahami atau memaknai arti tertentu dan kemampuan untuk menggunakan pada kondisi tertentu. Media Pembelajaran fotonovela berbasis flipbook merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran fotonovela berbasis flipbook dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi getaran harmonis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development (DD) dengan model 4D yaitu define, design, development dan dissemination. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase lembar validasi kelayakan media, N-gain, dan uji paired sample t-test. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 MAN 1 Kuningan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fotonovela berbasis flipbook sangat layak digunakan karena dapat meningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi getaran harmonis
Copyrights © 2022