WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 4, No 2 (2019): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 2019

Karakteristik Tes Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fluida Statis berdasarkan Analisis Teori Respon Butir

Muhammad Diandri Darmawan (SCOPUS ID: 57191537500, Subject Area: Physics Education, Universitas Pendidikan Indonesia)
David E Tarigan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Agus Fany Chandra Wijaya (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

Keterampilan proses sains   merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dan harus  dimiliki oleh siswa sebagai standar kompetensi lulusan. Namun, keterampilan ini masih jarang dinilai karena masih kurangnya instrumen untuk mengukur keterampilan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik tes keterampilan proses sains  berdasarkan teori respon butir. Karakteristik tes keterampilan proses sains diketahui berdasarkan instrument tes yang dikembangkan oleh peneliti. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode Research and Development (RD). Materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Fluida statis. Instrumen tes yang dikembangkan divalidasi oleh ahli dan hasilnya menunjukkan bahwa tes ini valid dan layak diuji coba. Uji coba tes dilakukan pada 72 siswa di salah satu SMA swasta di kota Bandung yang kemudian hasilnya dianalisis menggunakan teori respon butir dengan bantuan program eirt versi 2.0.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa model 3PL merupakan model yang sesuai untuk mengkarakteristik tes keterampilan proses sains. Tes keterampilan proses sains memiliki fungsi informasi sebesar 11,17 dengan standard error of measurement (SEM) sebesar -0,85, daya pembeda (a), tingkat kesukaran (b), dan tebakan semu (c) dengan kategori “baik”.      Kata kunci:  keterampilan proses sains; teori respon butir; model  parameter logistik ABSTRACTScience process skill is one of the skills that must be retained by students to satisfy the graduate competency standards. But, these skills are rarely measured because there are not many instruments are created to measure that skill. This study was conducted to get the description about test characteristics based on item response theory. Characteristic of Science process skill test are known based on instrument test developed by researcher. This study used Research and Development (RD) method. The instrument test had been validated by experts with the result shows that the test is valid and qualified to be tested. The trial tests were conducted to 72 students in one of senior high schools in the Bandung city. Then, the results were analyzed using item response theory by utilized eirt program version 2.0.0. The result shown the 3PL model is an appropriate model for characteristic science proscess skill instrument test. The science process skill test have the information function about 11,17 with the standard error of measurement (SEM) about -0.85, distinguishing (a), level of difficulty (b), and guess pseudo (c) the category of "good". Keywords: Science process skill; item response theory; parameter logistic model

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...