WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika)
Vol 7, No 1 (2022): WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) Februari 2022

Pengembangan Bahan Ajar Komik Fisika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Hukum Newton

Yolanda Febrianti (Unknown)
Parlindungan Sinaga (Universitas Pendidikan Indonesia)
Selly Feranie (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Bahan ajar merupakan seperangkat alat yang digunakan untuk belajar yang berisikan materi, metode, batasan serta cara mengevaluasi secara sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun, bahan ajar yang ada masih berfokus pada penyampaian materi yang tidak dihubungkan dengan fenomena kehidupan sehari-hari dan fokus pada pencapaian rumus. Selain itu, peserta didik menunjukkan ketertarikan pada bahan ajar berupa komik yang menyampaikan materi melalui alur cerita bergambar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyusun bahan ajar komik fisika berbasis pendekatan kontekstual pada materi Hukum Newton. metode penelitian adalah Research and Development (RD) dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbentuk komik ini “Sangat Layak” untuk digunakan dalam pembelajaran. Dilihat dari hasil peningkatan pemahaman konsep yang dilakukan di dapatkan nilai n-gain sebesar 65,54% yang menunjukkan bahwa bahan ajar komik fisika yang dikembangkan termasuk kategori “sedang” dalam meningkatkan pemahaman konsep. Peserta didik memberikan respon positif dan menunjukkan ketertarikan pada bahan ajar komik ini serta guru juga memberikan respon positif untuk menggunakan komik ini sebagai bahan ajar penunjang belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WaPFi

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences Other

Description

The below mentioned areas are just indicative. The editorial board also welcomes innovative articles that redefine any Science, especially Physics and Technology Education field. Earth Science and Education Basic Science in Physics Education New Technologies in Physics Education Research and ...