Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Mastery Learning With Quiz Team terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Nur Sakinah Aries (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2023

Abstract

Pembelajaran dengan Mastery Learning With Quiz Team adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memotivasi peserta didik mencapai penguasaan (mastery level) terhadap kompetensi tertentu. Mastery learning dapat diterapkan dengan cara memberikan quiz pada sekelompok siswa untuk menguji kepahaman siswa dalam menguasai dasar pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team dalam pembelajaran matematika siswa di MTs. Balang-balang Kab. Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe Quasi eksperimental dan menggunakan desain pretest-posttest control gruoup design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas yang masing-masing terdiri 38 siswa dan 42 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Mastery Learning With Quiz Team dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Mastery Learning, Quiz Team

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...