Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 1 (Januari 2023)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep

Miftahul Khairani (Unknown)
Sukmawati Sukmawati (Unknown)
Nasrun Nasrun (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. 3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 40 siswa, Penelitian ini berdasarkan pendekatannya merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design, dengan bentuk desain Non equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas V di UPT SDN 1 Lejang. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V di SDN 1 Lejang. 3) Terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V di SDN 1 Lejang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...