Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motif belanja hedonis dan gaya hidup berbelanja pada pembelian impulsif dengan emosi positif sebagai variabel Intervening pada pelanggan Lippo Plaza Kupang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan penelitian eksplanatori. Sampelnya adalah 123 responden dengan teknik simple Insidental. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data seperti pelanggan yang telah melakukan pembelian di Lippo Plaza Kupang dalam 4 bulan terakhir. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dariLisrel 8.80, hasilnya menunjukkan bahwa: (1) nilai belanja hedonis memiliki dampak positif dan signifikan terhadap emosi positif. (2) nilai belanja hedonis tidak memiliki dampak positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. (3) Gaya Hidup Berbelanja tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif (4) Gaya Hidup Berbelanja memiliki efek positif dan signifikan terhadap emosi positif, (5) Emosi Positif memiliki efek positif dan signifikan terhadap Pembelian Impuls, (6) Hedonic Motif Berbelanja memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Pembelian Impuls melalui Emosi Positif (7) Gaya Hidup Belanja tidak memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Pembelian Impuls melalui Emosi Positif.
Copyrights © 2019