Permainan kecil merupakan permainan yang sederhana yang dapat dimodifikasi sesuai dengan sarana dan prasarana yang ada, baik berupa ukuran, luas, dan peraturan yang dibuat. Penerapan permainan kecil dalam proses pembelajaran dinilai dapat meningkatkan motivasi peserta didik, sehingga peserta didik lebih senang tanpa ada tekanan selama proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada penerapan permainan kecil pada proses pembelajaran dengan tujuan mengetahui motivasi peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar apabila diberikan permainan kecil. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu SDN Rejomulyo dengan jumlah 33 peserta didik. teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar. pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS ver.25. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan maka memperoleh hasil terdapat pengaruh permainan kecil dalam meningkatkan motivasi peserta didik pada tingkat sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan pada hasil pengolahan data memperoleh hasil signifikan sebesar 0,00 yang berarti nilai sig 0,05.
Copyrights © 2023