DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi
Vol 11, No 2 (2022): Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi

FENOMENA BEAUTY VLOGGER PADA PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWI YOGYAKARTA

Putri Maharani (Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta)
Grendi Hendrastomo (Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena Beauty Vlogger yang menyebabkan terbentuknya perilaku konsumtif di kalangan mahasiswi Yogyakarta dan dampak yang ditimbulkan karena perilaku konsumtif yang dilakukan mahasiswi akibat pengaruh dari tayangan Beauty Vlogger. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan narasumber berjumlah 9 mahasiswi. Sumber data penelitian berupa data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuknya perilaku konsumtif mahasiswi Yogyakarta dikarenakan mahasiswi mengalami proses simulacra, simulacrum dan hipperealitas, setelah menonton tayangan Beauty Vlogger pada channel youtube, yang berdampak menyebabkan mahasiswi berperilaku konsumtif untuk selalu tertarik membeli produk yang diulas oleh Beauty Vlogger.

Copyrights © 2022