Agroekotek View
Vol 5, No 3 (2022)

Pengaruh Ekstrak Daun Cengkeh (Syzygium aromaticum) sebagai Atraktan terhadap Lalat Buah pada Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.)

Hasan Shiddig Sakti (Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat)
Akhmad Gazali (Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat)
Hikma Ellya (Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan dosis terbaik dari atraktan berbahan dasar daun cengkeh dalam memerangkap lalat buah pada tanaman cabai merah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok satu faktor dengan lima perlakuan yang terdiri atas C0 = kontrol (metil eugenol sintetik 0,125 ml + ekstrak daun cengkeh 0,125 ml), C1 = 1 ml ekstrak daun cengkeh, C2 = 2 ml ekstrak daun cengkeh, C3 = 3 ml ekstrak daun cengkeh, C4 = 4 ml ekstrak daun cengkeh. Variabel pengamatan ini yaitu populasi lalat buah yang terperangkap, intensitas serangan lalat buah dan identifikasi lalat buah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan 1 ml ekstrak daun cengkeh mampu memerangkap lalat buah terbanyak dibanding dosis ekstrak daun cengkeh 2 ml dan 3 ml dan tidak berbeda nyata dengan dosis 4 ml. Sehingga perlakuan ini merupakan dosis terbaik dalam memerangkap lalat buah pada tanaman cabai merah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agv

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Agroekotek View sebagai media untuk publikasi artikel tugas akhir mahasiswa yang telah menyelesaikan penelitiannya. Jurnal ini memuat tulisan ilmiah mengenai aspek teknologi pertanian berwawasan lingkungan dan berkelanjutan secara umum dan spesifik di agroekosistem lahan basah. Bidang yang meliputi ...