Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Identifikasi Materi Ajar IPS Berbasis Kearifan Lokal pada Museum Kota Juang Propinsi Aceh

Rahmi Novalita (Universitas Almuslim)
Alvi Syahril B (Universitas Almuslim)
Munzilin Munzilin (Universitas Almuslim)
Mona Carvina (Universitas Almuslim)
Nazaruddin Nazaruddin (Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya pengetahuan siswa tentang materi ajar IPS berbasis kearifan lokal. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi materi ajar IPS berbasis kearifan lokal pada Mesium Kota Juang. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah key informan yaitu pengelola Yayasan Mesium Kota Juang. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data penelitian meliputi; reduksi data, display data. dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Museum Kota Juang memiliki potensi sebagai pusat edukasi materi ajar IPS berbasis kearifan lokal. Kehadiran museum Kota Juang sebagai pusat informasi dan edukasi mata pelajaran IPS seperti rumah tradisional Aceh, Miniatur Monumen Radio Rimba Raya, Miniatur Tugu Perjuangan Krueng Pandjoe, Miniatur nama pejuang yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda, dan Miniatur Tugu Kota Juang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...