Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA)
Vol 1 (2018): PROSIDING SINTESA

TABLETOP DISASTER EXERCISE (TDE) SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SIMULASI TANGGAP DARURAT BENCANA

Widya Addiarto (Unknown)
Shinta Wahyusari (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media Tabletop Disaster Exercise dalam meningkatkan skill komunikasi. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan menggunakan pre-post test with control group design. Teknik pengambilan sampel adalah purpossive sampling dan didapatkan jumlah responden sebesar 36 yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan didapatkan ada perbedaan kemampuan komunikasi (ρ = 0,000) sedangkan pada kelompok kontrol hasil didapatkan perbedaan kemampuan komunikasi (ρ = 0,000). Hasil uji Mann Whitney yaitu terdapat perbedaan kemampuan komunikasi dari responden antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi ρ = 0,033. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa baik pada kelompok perlakuan dan kontrol sama-sama dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dari masing-masing responden, akan tetapi dari analisis kedua metode didapatkan hasil yang signifikan yang menunjukkan adanya perbedaan antara media Tabletop Disaster Exercise dengan metode konvensional.Kata kunci: tabletop disaster exercise, komunikasi, bencanaABSTRACTThis study aims to determine the effectivity of Tabletop Disaster Exercise in improving communication skills. The research design used quasy experimental with two groups pre-post test design. 36 subjects in total (2 groups of 18 members) was selected using purpossive sampling. Data were analyzed using Wilcoxon test and Mann whittney test. The results showed there were differences in communication skills (ρ = 0,000) while in the results of the control group, there were differences in communication skills (ρ = 0,000). The result of the Mann Whitney test showed there were differences in respondents’s skill between the treatment group and the control group with a significance value (ρ = 0.033). Thus it can be concluded that both the treatment and control groups can equally improve the communication skills of each respondent, but from the analysis of both methods, significant results are showed by the differences between TDE and conventional methods.Keywords: tabletop disaster exercise, communication, disaster

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sintesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Health Professions Social Sciences

Description

Prosiding SINTESA merupakan sebuah forum ilmiah berupa seminar nasional bagi dosen dan peneliti dalam mendiseminasikan atau memublikasikan hasil penelitian serta pemikiran kritis dalam bidang teknologi, sains, dan sosial humaniora. Wadah berbagi pengetahuan, best practices, serta inspirasi bagi para ...