ABSTRAKTanda baca tidak dapat dipisahkan dari kegiatan menulis. Tanda baca adalah tanda yangdigunakan dalam sistem ejaan yang dapat membantu pembaca untuk memahami maknatulisan dengan tepat sehingga tidak terjadi kesalahan makna yang ingin disampaikan olehpenulis. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kesalahan penggunaan tandabaca pada esai motivasi mahasiswa Kelas Internasional Universitas Dhyana Pura. Tujuan daripenelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesalahan tanda baca pada esai motivasimahasiswa Kelas Internasional Universitas Dhyana Pura. Jenis metode penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptifkualitatif. Esai motivasi mahasiswa Kelas Internasional Universitas Dhyana Pura merupakansumber data dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknikdokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu teoriHarmer (2004). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan tanda bacaterbanyak yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu kesalahan penggunaan tanda baca hurufkapital berjumlah 7 data. Kesalahan tanda baca lainnya yaitu: kesalahan penggunaan tandabaca titik (.) berjumlah 2 data, kesalahan penggunaan tanda baca koma (,) berjumlah 4 datadan kesalahan penggunaan tanda baca petik tunggal (‘...’) berjumlah 2 data.Kata kunci: esai, menulis, tanda baca.
Copyrights © 2021