Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI 1 MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF WORD SQUARE

Maria Magdalena Zagoto (Universitas Nias Raya)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Word Square. Populasi dalam penelitian ini adalah 36 mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian: persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif work square dalam proses belajar mengajar mata Matematika Dasar dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Nias Raya. Hal ini terlihat pada hasil belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 58,30% dalam kategori sedang, meningkat pada siklus II mencapai 83,30% dalam kategori sangat baik. Sehingga disimpulkan bahwa model kooperatif Word Square berpengaruh positif terhadap hasil belajar yaitu peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...