Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 1 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan

Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Kegiatan Belajar Mahasiswa

Mondang Munthe (Universitas Nias)
Famahato Lase (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek utama adalah mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling sebanyak 30 orang, sekaligus sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data adalah teknik quisioner dengan instrument angket tertutup. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa adalah tergolong sangat bermasalah. Skor tentang faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa adalah 127,23 dari skor standar 180 dengan penilaian angka 4 yang artinya faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa sangat bermasalah. Faktor–faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa ini terdiri dari faktor jasmaniah, psikologis, faktor kelelahan, faktor eksternal, keluarga, sekolah dan masyarakat. Skor tentang faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa sebesar 10,67 atau 35,56% dari seluruh mahasiwa yang berjumlah 30 orang. Persentase ini berada antara 35%-100% dengan penilaian angka 4 yang artinya rata-rata faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa berada pada posisi sangat bermasalah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...