Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek utama adalah mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling sebanyak 30 orang, sekaligus sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data adalah teknik quisioner dengan instrument angket tertutup. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa adalah tergolong sangat bermasalah. Skor tentang faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa adalah 127,23 dari skor standar 180 dengan penilaian angka 4 yang artinya faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa sangat bermasalah. Faktor–faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa ini terdiri dari faktor jasmaniah, psikologis, faktor kelelahan, faktor eksternal, keluarga, sekolah dan masyarakat. Skor tentang faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa sebesar 10,67 atau 35,56% dari seluruh mahasiwa yang berjumlah 30 orang. Persentase ini berada antara 35%-100% dengan penilaian angka 4 yang artinya rata-rata faktor dominan yang mempengaruhi kegiatan belajar mahasiswa berada pada posisi sangat bermasalah.
Copyrights © 2022