Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2022): Educativo: Jurnal Pendidikan

Penerapan Modelling The Way Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Septian Anugrah Halawa (Universitas Nias)
Yearning Harefa (Universitas Nias)
Serniati Zebua (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Strategi modelling the way adalah suatu metode pengajaran yang dilaksanakan dengan cara guru memberikan skenario suatu sub bahasan untuk didemonstrasikan siswa di depan kelas, sehingga menghasilkan ketangkasan dengan keterampilan dan profesionalisme. Penelitian ini dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas yang menekankan bagaimana guru dapat mengorganisasikan kondisi praktek pembelajaran, dan belajar dari pengalaman sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi modelling the way di kelas VIII SMP Negeri 3 Huruna tahun pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 29 orang siswa. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 43,33% tergolong kurang sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sehingga persentase ketuntasan sebesar 80,67 tergolong sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa strategi modelling the way sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan pengusaan siswa terhadap materi pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...