Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan

Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Ahmad Din Harefa (Universitas Nias)
Sadiana Lase (Universitas Nias)
Yulisman Zega (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan hubungan antara kecemasan matematika peserta didik dan kemampuan literasi matematika terhadap hasil belajar yang akan di capai. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif deskriptif dengan metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, tes kemampuan literasi matematika dan angket kecemasan matematika. Banyak populasi pada penelitian ini yaitu 215 dengan banyak sampel yaitu 67 orang yang di ambil menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pada hipotesis pertama nilai zhitung (13,2) > ztabel (1,645), dengan demikian maka H0 di tolak dan H1 di terima yang mana semakin tinggi tingkat kecemasan maka semakin rendah hasil belajar begitu pula sebaliknya. Pada hipotesis kedua, nilai zhitung (14,3) > ztabel (1,645), dengan demikian maka H0 di tolak dan H1 di terima yang mana semakin tinggi kemampuan literasi matematika maka semakin tinggi hasil belajar begitu pula sebaliknya. Pada hipotesis ketiga, nilai zhitung (12,2) > ztabel (1,645), dengan demikian maka H0 di tolak dan H1 di terima yang mana semakin tinggi tingkat kecemasan maka semakin rendah kemampuan literasi. Dan pada hipotesis keempat, nilai Fhitung (32,14) > ztabel (3,138), dengan demikian maka H0 di tolak dan H1 di terima dengan besar koefisien determinasi (r^2) = 0,5011. Kedua variabel bebas bersama-sama memiliki hubungan dengan variabel terikat dengan persentase 50,11%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...